Pemkot Tegal Sambut Baik Usulan Dana Kelurahan

Yogyakarta – Pemerintah Kota Tegal sambut baik usulan dana kelurahan yang disampaikan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) kepada Pemerintah Pusat. Hal tersebut disampaikan oleh Pejabat Sementara (PJS) Wali Kota Tegal Achmad Rofai saat mengikuti Rapat Kerja Komisariat Wilayah III APEKSI tahun 2018, di Amarta Ballroom Amelia Hotel Yogyakarta, Kamis (18/4).

Achmmad Rofai menyampaikan bahwa tugas desa dan kelurahan sebetulnya hampir sama, Kelurahan juga membutuhkan dana perimbangan untuk membantu percepatan pembangunan fasilitas dan daerah yang masih kumuh.
Hal ini senada dengan apa yang disampaikan Ketua APEKSI Airin Rachmi Diany dalam sambutan saat pembukaan acara Raker Komwil III APEKSI tersebut, Ia menyampaikan, ini merupakan usulan dari anggota APEKSI terkait usulan dana kelurahan. Ia telah menyampaikan usulan tersebut kepada Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah dan Menteri Dalam Negeri Tjahyo Koemolo.

Sesuai usulan dari anggota APEKSI usulan yang disampaikan adalah 100 miliar untuk masing-masing Kota, namun hasil dan formulasinya seperti apa Ia serahkan kepada kebijakan Pemerintah Pusat, namun menurut Airin, Menteri Dalam Negeri sudah menyampaikan kepada dirinya bahwa usulan dana kelurahan ini akan menjadi salah satu fokus pembahasan perhatian.

Usulan tersebut, akan diteruskan dan direkomendasikan dari Kemendagri ke Kementerian Keuangan sehingga diharapkan dana kelurahan ini bisa dipenuhi.
“Mudah-mudahan jika dana kelurahan bisa dipenuhi, dan bisa membantu Pemerintah Kota untuk lebih meningkatkan tugas dan kewajiban kita dalam pelayanan kepada masyarakat” tutur Airin.

Selain dana Kelurahan, Airin juga menyampaikan pesan agar anggota APEKSI dapat memanfaatkan forum APEKSI ini sebagai wadah komunikasi antar anggota, berbagi informasi penanganan sebuah masalah yang sudah bisa ditangani di Pemkot lain bisa di adopsi di Pemkot yang belum terpecahkan.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta selaku ketua pengurus Komwil III APEKSI dan tuan rumah Haryadi Suyuti menyampaikan bahwa Rapat Kerja Komwil II APEKSI ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan sebagai sarana untuk mengevaluasi program-program kerja yang telah dilaksanakan.

Menurut Haryadi Suyuti, Kota merupakan garda terdepan bangsa, tantangan daerah ini cukup besar, oleh karena itu, menurutnya butuh forum yang bisa menjadi wadah dan berfungsi sebagai sarana pengkajian dan mencari solusi terhadap masalah Pemerintah Kota, dan APEKSI merupakan wadah bagi Pemerintah Kota yang bisa memiliki fungsi tersebut.

Berita Lainnya

Pelayaanan Memuaskan, PDAM Kota Tegal Raih Penghargaan
Berita 29 Dec, 2016

Pelayaanan Memuaskan, PDAM Kota Tegal Raih Penghargaan

TEGAL- PDAM Kota Tegal meraih penghargaan The Best PDAM Service and Customer Satisfaction Of The Year 2016. Penghargaan diterima langsung…

Pemkot dan DPRD Kota Tegal Bersinergi Memberikan Kontribusi Positif
Berita 24 May, 2019

Pemkot dan DPRD Kota Tegal Bersinergi Memberikan Kontribusi Positif

Tegal – Singergitas antara Pemerintah Kota Tegal dan DPRD Kota Tegal harus terus dijaga karena hal tersebut merupakan ujung tombak…

Inilah Kapolres Tegal Kota yang Baru
Berita 11 Dec, 2017

Inilah Kapolres Tegal Kota yang Baru

TEGAL- Serah terima jabatan Kapolres Tegal Kota pada hari Senin (11/12) yang dipimpin langsung oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol…

Akhmad Farkhan; Jangan Pertentangkan Jumlah Rakaat Salat Tarawih
Berita 10 May, 2019

Akhmad Farkhan; Jangan Pertentangkan Jumlah Rakaat Salat Tarawih

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Akhmad Farkhan menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak mempertentangkan jumlah rakaat salat tarawih yang digunakan,…

Sugiyanto : “Dua Minggu Lagi Jembatan Blanak Selesai”
Berita 23 Mar, 2017

Sugiyanto : “Dua Minggu Lagi Jembatan Blanak Selesai”

Tegal-Kepala DPU PR Kota Tegal, Sugiyanto, ST, MT menyatakan dua minggu lagi pembangunan jembatan blanak selesai. “Dua minggu lagi jembatan…

Sinergi Semua Pihak Diperlukan Dalam Pengamanan Idul Fitri.
Berita 25 May, 2018

Sinergi Semua Pihak Diperlukan Dalam Pengamanan Idul Fitri.

Tegal – Rapat Koordinasi lintas sektor “Ketupat-Candi 2018” dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri 1439 hijriah tahun 2018 di…

Most from this category